Selasa, 25 April 2017

TIP MERAWAT BARANG DAN BENDA


PARFUM TAHAN LAMA
Banyak orang yang menyukai parfum. Memang parfum dapat menciptakan kesan serta suasana segar dan menyenangkan. Perlu anda ketahui bahwa harum parfum akan bertahan lebih lama pada kulit yang berminyak dibandingkan pada kulit yang kering. Tetapi anda yang berkulit kering pun tidak perlu berkecil hati karena dengan sedikit akal anda dapat membuat harum parfum bertahan lebih lama di badan anda. Caranya mudah saja. Ulaskan sedikit vaselin atau minyak olive pada tempat-tempat di mana anda akan  memakai parfum. Dengan cara ini harum parfum akan bertahan lama dan anda akan merasa segar sepanjang hari.


MERAWAT PERLENGKAPAN DARI KULIT
Perlengkapan dari kulit, seperti tas, sepatu, kopor, ikat pinggang dan dompet, memerlukan perawatan khusus. Sebab, perlengkapan dari kulit sangat peka terhadap perubahan cuaca. Mungkin saran berikut ini ada manfaatnya bagi anda. Gunakanlah kain flanel untuk melap, lalu dipoles dengan semir warna netral. Disamping itu, antara 1 dan 2 minggu sekali, perlengkapan yang jarang digunakan disemir. Bila perlengkapan dari kulit kena air, kehujanan, misalnya, jangan langsung dikeringkan di sinar matahari. Sebaiknya diangin-anginkan saja sampai kering. Untuk bercak-bercak yang ditimbulkan oleh air, dibiarkan saja, karena akan hilang dengan sendirinya. Jika perlengkapan dari kulit tidak digunakan, simpankan dalam kantong-kantong dari flanel. Nah, dengan perawatan seperti ini, barang-barang dari kulit itu akan tahan lama, dan tetap tampak terawat dengan baik.

ODOL MEMBUAT BAJA PUTIH CEMERLANG
Barang-barang yang terbuat dari baja putih seperti rantai arloji, gelang dan kalung warnanya jadi buram bila lama dipakai. Agar kembali cemerlang, ambilah odol, sikat gigi dan kapas. Gosok benda-benda tadi dengan odol. Bersihkan odol yang masuk ke sela-sela dengan sikat dan air. Pasti benda-benda kesayangan anda akan kembali cemerlang.

MENCEGAH AKSESORI MENJADI HITAM

Sekarang ini, banyak kaum wanita menggunakan aksesori mitasi, baik yang berwarna kuning keemasan maupun putih keperakan sebagai pelengkap busana. Untuk menjaga agar warnanya tidak berubah menjadi kehitaman, lapisilah dengan cat kuku yang berwarna bening. Gunanya untuk melindungi dari  pengaruh keringat yang bisa menyebabkan aksesori itu menjadi kehitaman. Dengan cara ini ini perhiasan imitasi itu akan tetap cemerlang.


AGAR PERHIASAN EMAS TETAP KEMILAU
Apabila anda mempunyai  perhiasan dari emas  yang telah  lama dipakai  dan warnanya telah menjadi  kuning kehitam-hitaman. Anda dapat  memperbaharui  dengan cara berikut ini. Ambil satu biji kelerak. Beri air panas  secukupnya, lalu remas–remas keleraknya. Setelah itu ambil perhiasan anda dan  kapas secukupnya. Dengan kapas yang telah dicelupkan kedalam air kelerak tadi gosokan  perhiasan emas anda. Niscaya perhiasan anda akan kemilau kembali.

MERAWAT BARANG-BARANG – BARANG  DARI KULIT

Tas tangan atau dompet anda yang terbuat dari kulit menebarkan aroma yang kurang sedap? Itu terjadi bila anda menyimpan arang-barang dari kulit asli di tempat yang lembap.Anda tahu cara mengatasinya? mudah saja. Gosoklah dengan tembakau secara berulang-ulang. Setelah selesai digosok, keringkanlah  di bawah  sinar matahari. Untuk mencegah agar tidak lembap sebaiknya secara teratur barang-barang dari kulit itu diangin-anginkan.


MEMBERSIHKAN BARANG PERAK
Noda-noda pada barang-barang terbuat dari perak bisa hilang dengan cara: 1 Rendamlah barang tersebut selama 20 menit dalam air soda, 2. Lalu oleskan  garam yang basah di atas noda itu, dan digosok dengan lap bersih. Selain itu noda karat pada baju juga bisa dibersihkan dengan cara menaburkan garam basah di atas bahan yang ada nodanya, tunggu sebentar, lalu disikat. Hasilnya menggembirakan, silahkan mencoba!

MENGHILANGKAN NODA PADA MEJA KAYU
Anda mungkin llupa atau tidak sengaja  mangkok panas pada meja kayu (jati, mahoni, dan lainnya), sehingga meninggalkan bekas atau noda yang tidak sedap dipandang. Anda berusaha menghilagkan noda itu, tetapi tidak perlu bersusah payah memperlitur kembali meja itu. Ada cara yang sangat praktis yang dapat mencermerlangkannya kembali meja itu. Kumpulkan abu rokok secukupnya. Kalau tidak ada abu rokok, boleh beli sedikit tembakau, lalu dibakar. Campurkan abu itu dengan minyak kelapa secukupnya. Gosokkan campuran abu dan minyak pada bagian  yang bernoda perlahan-lahan dengan menggunakan kain lembut, misalnya sobekan baju kaos yang sudah tidak terpakai.

MANFAAT BUAH MENGKUDU

Manfaat buah mengkudu dapat berguna untuk pemutih pakaian atau handuk yang telah jamuran. Caranya, ambilah buah mengkudu yang sudah masak. Tuangkan air, sabun serta beberapa buah mengkudu dalam ember. Kemudian buah serta sabun tadi diremas-remas hngga mengluarkan busa. Masukkan pakaian atau handuk lalu rendam satu malam.  Keesokan harinya, anda tinggal membilas sampai bersih. Hasilnya akan lebih putih dibanding dengan obat pemutih apa pun yang dijual di toko-toko obat.

AGAR BAJU PUTIH TIDAK MENJADI KUNING

Seprei , taplak atau baju puithy yang jarang digunakan sudah pasti akan berwarna kekuningan bila disimpan begitu saja di dlaam lemari. Untuk menghindarinya, setelah baju ataupun taplak dicuci bersih dan diseterika, masukkan dalam kantong plastik. Beri sedikit kapur barus (kamfer). Setelah itu, ujung kantong plastik dilipat dan dilem dengan perekat transparan (selotip). Simpanlah dalam lemari. Dengan cara seperti ini, pakaian-pakaian anda niscaya tetap putih.

 Tetapi ada cara lain. Ambilah ember dan isi dengan air secukupnya. Larutkan garam ke dalamnya. Banyaknya garam tergantung pada banyak baju yang mau direndam. Biarkan rendaman itu selama 4-5 jam, atau sampai pakaian kelihatan putih bersih. Setelah itu cuci dengan sabun dan dibilas bersih. Selamat mencoba.

CARA PRAKTIS MENCUCI TIRAI

Bila anda memakai tirai dengan ukuran yang besar, juga selimut atau handuk ukuran besar, mungkin sering enggan mencucinya karena berat. Ada cara praktis untuk mencucinya, yaitu: rendam cucian tersebut dalam air garam secukupnya selama 1 jam. Kemudian rendam dalam air sabun. Setelah itu baru dicuci tanpa harus mengeluarkan tenaga yang terlalu besar. Hasilnya pun jauh lebih bersih daripada kalau dicuci biasa.

MEMBERSIHKAN BARANG PLASTIK

Sekarang ini, ibu-ibu rumah tangga banyak menggunakan barang-barang plastik, seperti ember, cangkir atau baskom. Kalau benda-benda itu sudah terlalu lalma dipakai, tampak kotor, ataupun kusam. Untuk membuat benda-benda itu bersih dan bagus lagi, gunakanlah minyak kelapa. Ambil kapas atau kain perca bersih, rendam dalam minyak kelapa, dan gosok-gosokan pada benda-benda itu. Lakukanlah ini sampai bersih, baru kemudian benda-benda dicuci dengan sabun deterjen.



PERMEN KARET YANG MENYEBALKAN

Sisa-sisa permen karet yang menempel di mana-mana, selain menjijikkan juga susah membersihkannya. Tetapi, anda jangan cepat-cepat risau. Ambil karbon tetraklorida (dapat dibeli di toko obat). Kemudian, usapkan pada sisa-sisa permen karet yang menempel pada baju atau kursi anda. Nah dalam waktu singkat pasti permen karet yang menyebalkan tadi akan lepas dengan mudah. Dan, anda tidak akan sebal lagi.

Cara lain jika permen karet mengotori baju,  beri beberapa tetes spiritus di atas baju yang terkena permen karet, kemudian cucilah baju itu dengan air hangat. Atau solusi yang lainnya ambil kantong plastik bersih dan masukan pakaian yang terken anoda permen karet. Kemudian masukkan ke dalam lemari pembeku (freezer) selama kurang lebih 45 menit. Keluarkan dari lemari pendingin dan lekukan bagian pakaian yang terkena noda. Karena beku, permen karet tersebut akan patah dan terlepas dengan sendiri ketika terjadi proses pembengkokan tersebut.

BARANG PECAH BELAH

Barang pecah belah bisa awet, maksudnya tidak mudah pecah yaitu dengan cara menggodok barang-barang tersebut dalam panci yang diisi sampai penuh (barang-barang terendam), yang dicampur satu sendok sabun deterjen. Digodok terus sampai air tinggal separuh panci. Niscaya barang pecah belah tersebut lebih tahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar