Selasa, 25 April 2017

tip dan solusi



MENGHILANGKAN GATAL AKIBAT ULAT
Bagi anda yang senang berkebun tetapi mempunyai kulit yang sangat peka terhadap ulat yang berbulu, cobalah  resep berikut ini untuk mengatasinya. Jika kulit anda terkena bulu ulat dan mengakibatkan rasa gatal-gatal. Jangan anda garuk. Ambil garam dapur yang lembut secukupnya. Taburkan atau oleskan garam tersebut pada daerah yang gatal. Biarkan beberapa saat, niscaya rasa gatalnya akan segera hilang.

MENANGKAP LIPAS/KECOA
Bila di kamar mandi anda banyak lipas dan kecoa, letakkan ampas teh dalam botol di tempat yang sering dilewati binatang iatu.  Biarkan esmalam, esok harinya lipas sudah ada dalam botol tersebut. Dengan  cara ini, gangguan lipas di rumah anda segera hilang.


MEMBASMI KUTU TANAMAN
Kutu yang menghinggapi tanaman dapat dibasmi dengan merica halus.  Merica halus dibungkus dengan kain jarang dan taburkan pada tanaman yang berkutu. Dua jam setelah disiram, kutu dan merica sudah dapat dibersihkan, dan tanaman anda terhindar dari kutu hama tanaman.

MEMOTONG BOTOL

Seringkali kita menginginkan sesuatu yang unik untuk dipajang di dalam rumah. Entah itu kerajinan tangan atau pajangan yang lain. Nah, bila di rumah anda mempunyai botol-botol yang sudah tak terpakai tetapi bentuknya indah, jangan dibuang begitu saja. Kumpulkan botol tadi lalu potong sesuai keinginan anda. Caranya, lingkarilah badan botol dengan kain yang telah dilumuri minyak tanah. Lalu, lilitkan pula kawat yang agak besar pada kain dengan erat. Setelah itu bakar. Botol akan mudah terpotong sesuai kehendak anda. Bila botol itu udah siap, boleh anda hias lagi. Dipita renda atau dibungkus kain. Lumayan cukup indah.

BURUNG ANDA SAKIT

Anda seorang penggemar burung, tak perlu risau bila melihat burung sedang sakit. Ya, memang selain burung itu tampak lesu, kicaunya tak pernah kedengaran lagi.

Untuk menyembuhkannya, ambil satu siung bawang putih. Kemudian, haluskan dan campur dengan satu sendok aiar putih. Sesudah itu minumkan pelan-pelan kepada si burung. Dalam waktu singkat kesayangan anda akan lincah kembali dan siulnya semakin nyaring.

ULAT SEMUT

Lama-kelamaan kita jengkel bila melihat semut semut yang tak diunndang. Untuk mengusirnya, ambil daun sirih. Kemudian, sobek kecil-kecil dan letakkan di daerah semut. Tak usah menunggu lama, baik tembok maupun  tempat-tempat parkir semut akan menjadi daerah bebas semut.

ULAT POHON BUAH
Bila tiba-tiba pohon buah di pekarangan rumah anda dipenuhi dengan ulat, jangan langsung ditebang. Ambil segenggam kapur (kira-kira 150 gr) campurkan dengan gemuk hingga menyerupai adonan kue. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang, lalu ikatkan pada batang pohon yang berulat. Tunggu reaksinya sampai 2-3 hari. Ulat-ulat rumah anda kembali sehat dan siap menanti musim buah berikutnya.


MENGELUARKAN SEMUT DI TELINGA
Jika telinga kemasukan semut rasanya tidak karuan. Terasa gemuruh dan sakit. Untuk mengeluarkannya, jangan menggunakan korek kuping atau  benda-benda lainnya. Ambil saja lampu senter itu dan tunggu beberapa saat. Niscaya semut yang nongkrong dalam lubang telinga akan keluar.


KULIT TELUR MENYUBURKAN TANAMAN

Kulit telur banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah untuk menyuburkan bunga tanaman. Mula-mula, tumbuklah kulit telur hingga halus benar. Setelah itu taburkanlah di atas pot bunga anda atau di sekeliling tanaman, jika tanaman  anda di tanam  di tanah. Niscaya bunga anda akan menjadi subur dan perkembangannya pun lebih cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar